Candi jago Malang

Candi jago Malang adalah candi yang ada dikawasan Kota Malang, tepatnya ada di Dusun Jago daerah Tumpang, kabupaten Malang. Sangat banyak beberapa pengunjung ketika berlibur maupun hari-hari umum datang ke tempat ini utk nikmati tempat wisata yang ada di lokasi Kota Malang ini. Diluar itu Candi Jago ini ada dikawasan dataran tinggi dgn hawa yang sejuk. Candi Jago Malang berjarak seputar 22km dr Kota Malang, utk bertkamung ke tempat ini sangat gampang sekali lantaran Candi Jago Malang ada ditempat yang cukup strategis yakni di tepi jalan dekat Pasar Tumpang. Candi ini ada di tengah-tengah pemukiman masyarakat yang jaraknya cuma seputar 2-3km saja. Utk membatasi lokasi candi serta pemukiman masyarakat seputar, penjaga candi berikan pagar batas dgn memakai kawat-kawat berduri. Di sekitar lokasi candi ini dpt terdpt banyak sedikit tanaman supaya terlihat memperindah situasi candi yang sangatlah bersejarah ini. Candi Jago Malang ini dpt terlihat masih tetap kokoh berdiri walau terdpt banyak bangunan candi yang tlh mulai tak ada maupun hilang lantaran tlh termakan umur yang cukup sangatlah lama.  Baca juga Hotel di malang

WISATA CANDI JAGO MALANG
Semua bangunan candi ini terbuat dr batu andesit, hingga terlihat kokoh waktu kita melihatnya. Nama lain sesungguhnya dr candi ini yaitu candi Tumpang dimaksud candi tumpang lantaran ada di daerah Tumpang. Kata Jago sesungguhnya datang dr kata “jajaghu” yang berarti yakni “keagungan”. Diluar itu candi jago Malang ini adalah tempat yang suci serta sangatlah sakral sekali serta jadi tempat yang bersejarah. Candi Jago ini bercorak agama siwa-budha seperti candi Singosari. Diprediksikan Candi ini mulai diresmikan pd th. 1280 M, tetapi tlh alami renovasi sekian kali. Candi Jago Malang ini mempunyai panjang 23, 71m dgn lebar 14cm serta tinggi 9, 97m.

candi jago malang
Kekhasan yang dipunyai candi ini serta lain dr yang lain yakni memiliki bentuk serupa dgn bangunan punden serta berundak. Candi jago Malang ini diketemukan oleh bangsa Belkamu pd th. 1834. Utk melingkari lokasi candi ini sebaiknya bila kita ikuti arah jarum jam, lantaran letaknya menghadap barat. Cerita pd relief sisi dlm candi terdiri jadi 2 ciri-ciri yakni Hindu serta Budha :

Narasi Parthayajna, Arjunawiwaha, serta Kalayana termasuk juga dlm ciri-ciri Hindu
Narasi Tantri/Pancatantra, Anglingdarma serta Kunjarakarna termasuk juga dlm ciri-ciri Budha.

Nyaris seluruhnya segi relief candi Jago Malang memiliki narasi perjalanan spiritual perihal manusia. Dgn cara visual dinding candi mempunyai ciri khas serta nyaris serupa dgn wayang. Disetiap teras di candi ini mempunyai narasi yang berlainan, diantaranya :

Teras Pertama : Menceritakan perihal binatang serta bercerita perihal perjalanan Kunjarakarna yakni murid setia Wirawacana
Teras Ke-2 : Menceritakan perihal cerita Parthajayna
Teras Ketiga : Menceritakan Arjuna Wiwaha sesudah bertapa di Gunung Indrakila

Diluar itu candi jago Malang ini dpt memiliki histori lain, yakni jadi tempat persemayaman Raja IV Kerajaan Singosari, yakni Raja Rangga Wuni dgn gelar Sri Jaya Wisnu Wardhana (1248-1268) .

Ditulis Oleh : blog sederhana ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Candi jago Malang yang ditulis oleh blogger indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blogger indonesia

Back to top