DEFINISI DAN MANFAAT RESIN DAMAR

DEFINISI DAN MANFAAT RESIN DAMAR - Kekayaan flora rimba Indonesia sangatlah beraneka ragam, serta ada beragam type hasil rimba non kayu satu diantaranya yaitu damar. Faedah damar atau yang umum jg dimaksud resin, yaitu juga sebagai bahan baku industri. Kwalitas resin damar yang low digunakan pabrik cat berkualitas rendah diIndonesia sedang mutu yang baik diekspor terlebih ke Singapura. Dari Singapura, sesudah diolah lalu diekspor juga sebagai insens atau bahan basic industri cat, tinta, serta vernis di negara2 maju. Beberapa sebagaian diekspor ke Indonesia untuk industri batik serta bikin insens berkwalitas rendah. Saat ini, Kalimantan serta terlebih Sumatera Selatan adalah penghasil paling utama resin damar yakni 80% dr keseluruhan produksi.

Damar yaitu resin yang didapat dr sebagian type pohon dr marga Dipterocarpaceae salah satunya meranti (Shorea spp). Resin itu dipanen dgn menyadap batang pohon yang masih tetap hidup. Di Maluku ada 4 type damar yakni damar mata kucing, damar pilau, damar batu serta damar daging dengan potensi rata2 sepanjang 5 th. paling akhir sekitar pada 20. 000 kg -  715. 000 kg (Anonim 2007). Penyebarannya diwilayah Seram Sisi Barat. Damar dihasilkan dr tumbuhan yang sakit atau alami rusaknya pada kayu gubalnya (Appanah serta Trumbull, 1998).


Resin damar digolongkan jadi resin cair serta resin padat. Resin cair memiliki kandungan resin serta minyak esensial (oleresin) berwujud cair serta mempunyai aroma yang khas. Resin padat yaitu resin berupa padat lantaran beberapa kecil minyak esensialnya sudah menguap. Resin padat gampang pecah atau patah (Appanah serta Trumbull, 1998). Resin damar memiliki kandungan asam gurjunik (C22H34O4) serta beberapa naptha yang gampang menguap serta mengkristal.Karakter fisik yang unik dr minyak damar yaitu pada suhu 30oC beralih jadi gelatin.

Dlm kebiasaan orang-orang, resin damar jadikan bahan bakar lampu, penambal perahu serta kerajinan tangan. Resin ini dipakai juga sebagai kombinasi resin aromatik, berbentuk styrax benzoin yang digunakan juga sebagai bahan baku kemenyan serta disinfektan fumigan. Diluar Maluku dalam taraf industri, resin damar digunakan sebagai bahan baku semir, kertas karbon, pita mesin tulis, plastik, vernis serta bantalan objek mikroskopik. Damar bisa pula dipakai juga sebagai bahan pelapis dinding, perekat kayu lapis serta asbes.

Resin damar bisa dipakai juga sebagai obat tradisional untuk diare serta disentri, salep untuk penyakit kulit serta pengobatan masalah pendengaran, rusaknya gigi, sakit mata, bisul serta luka (Appanah serta Trumbull, 1998). Dengan cara tehnis, bisa dipakai juga sebagai bahan cat, celupan batik, lilin, tinta bikin, linoleum serta kosmetik. Triterpenes yang di isolasi dr damar sudah dipakai juga sebagai media antivirus pd budidaya in vitro untuk penyakit Herpes simplex virus jenis I serta II (Poehland et al, 1996).

Ada Orang-orang yang blm tahu pemakaian resin damar juga sebagai bahan baku industri, terkecuali cuma dengan cara kebiasaan dipakai untuk penerangan satu hari hari. Resin damar di jual masih juga dalam bentuk bahan mentah serta blm di proses selanjutnya. Tehnik memanen serta mengolahnya masih tetap dengan cara konvensional, hingga harga jualnya tak untungkan terkecuali belum ada pasar untuk menampungnya. biasanya sebagaian jual resin untuk bahan cat sablon, tapi masih sangat belum umum sekali.


Sosialisasi pada yang memiliki tempat damar perihal resin serta tehnik memanen, seleksi serta gradingnya sangatlah butuh dikerjakan. Kursus serta magang ke Sumatera Selatan juga sebagai lokasi yang sukses dlm membuahkan resin damar bisa berikan motivasi beberapa petani untuk mengelola damarnya tambah baik serta berkwalitas. Juga sebagai salah hasil rimba bukanlah kayu, jadi sumber daya rimba itu mesti dilestarikan lewat penanaman kembali pohon damar terkecuali cara memanen yang perlu menghindar kematian pohon yang berkaitan.

Ditulis Oleh : blog sederhana ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul DEFINISI DAN MANFAAT RESIN DAMAR yang ditulis oleh blogger indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blogger indonesia

Back to top