Fungsi Agen bagi Pemain Bola Professional

Keberadaan seorang agen bola sudah dianggap sebagai bagian penting bagi seorang pemain bola professional dan pelatih klub itu sendiri. Secara umum, fungsi utama dari agen pemain bola adalah memungkinkan seluruh keperluan pemain menjadi lebih mudah. Seorang agen pemain bola memiliki tugas untuk menyiapkan tempat tinggal, akomodasi serta pengurusan dokumen dan ijin ketika pemain tersebut pindah ke klub baru. Seorang agen harus pandai dalam hal bernegoisasi mengenai gaji, perpanjangan kontrak, dan pemutusan kontrak jika sewaktu-waktu pemain bola tersebut sudah tidak betah atau ingin hengkang dari suatu klub. Kompensasi yang akan diterima oleh sang agen pemain bola tentunya sangatlah menggiurkan. Agen akan menerima persentase dari si pemain bola dan juga dari klub.

Ketika berbicara tentang transfer pemain, maka tidak bisa dilepaskan dari kiprah seorang agen pemain bola. Para gen tersebut merupakan orang yang paling sibuk terutama ketika jendela transfer sudah mulai dibuka ketika musim berakhir atau ketika jeda musim dingin. Tugas lainnya dari seorang agen adalah memasarkan pemain supaya lebih laku, menata karir pemain, memberi rekomendasi, mengatur pencitraan, mengurus keuangan, investasi dan juga perihal pembayaran pajak. Kemampuan dalam pengelolaan keuangan adalah hal penting supaya pemain tidak mudah jatuh bangkrut di masa mendatang ataupun terganjal oleh pajak. Khusus untuk kawasan Eropa, pajak merupakan hal yang sangat serius dan tidak bisa dipandang sebelah mata. Jika telat membayar pajak atau terjadi penggelapan pajak, maka agen bisa berurusan dengan pihak berwenang atau pengadilan.


Dengan tugas yang terbilang begitu banyak, seorang agen pemain bola akan mendapat bayaran yang setimpal. Kisaran komisinya adalah sekitar 4-10 persen dari kontrak pemain yang berhasil diperoleh. Waktu kerja utama dari seorang agen hanya 2 kali saja yaitu ketika jendela transfer dibuka. Namun, sebenarnya para agen tersbut bekerja sepanjang tahun dalam hal pemasaran dan pengelolaan keuangan dari pemain yang ditanganinya. Saat ini, lisensi seorang agen dapat diperoleh dari asosiasi sepak bola pada masing-masing negara dan sudah tidak bisa diperoleh dari FIFA. Jumlah agen pemain bola di seluruh dunia saat ini sudah mencapai 5.187 agen dan sudah memiliki lisensi nasional. 

Ditulis Oleh : blog sederhana ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Fungsi Agen bagi Pemain Bola Professional yang ditulis oleh blogger indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blogger indonesia

Back to top