tips dan trik membuka usaha sendiri

Buka usaha sendiri bisa jadi satu kesempatan untuk Anda untuk membuahkan duit. Jika Anda tertarik buka usaha sendiri, Gajimu bakal memberi panduan beberapa langkah yang perlu dikerjakan saat sebelum buka usaha sendiri.
Sekarang ini, banyak beberapa orang yang makin susah untuk memperoleh pekerjaan, terlebih untuk beberapa orang yg tidak mempunyai ketrampilan spesial. Buka usaha sendiri bisa jadi satu kesempatan untuk Anda untuk membuahkan duit.
Memanglah tidak bisa disangkal, usaha sendiri terdengar sangatlah mengiurkan, jadi boss untuk diri sendiri, saat kerja dapat lebih fleksible, serta keuntungan yang didapat jika usaha itu berhasil termasuk besar. Walau demikian, kemungkinan yang dihadapi juga jadi jauh semakin besar di banding jadi karyawan perusahaan.
Jika Anda tertarik buka usaha sendiri, Gajimu bakal memberi panduan beberapa langkah yang perlu dikerjakan saat sebelum buka usaha sendiri.

a. Mengkaji type usaha terkait
Anda mesti meyakinkan bahwa usaha yang Anda dirikan yaitu type usaha yang Anda senangi. Hal semacam itu semakin lebih baik jika ditunjang dengan ketrampilan serta pengalaman Anda di type usaha itu. Kerjakan analisa Break Moment Point untuk memastikan potensi yang ada pada type usaha Anda. Kemudian uraikan gagasan usaha Anda dengan cara detil (Sales forecast, analisis arus kas, etc). Kemudian susun gagasan pemasaran yang bakal Anda kerjakan untuk pasarkan usaha Anda itu.

b. Rencanakan Usaha Anda dengan membuat rencana yang sesuai
Bila Anda bakal mencari pendanaan dari luar, gagasan usaha/business plan proposal yaitu suatu keperluan. Bila Anda bakal membiayai usaha tersebut, gagasan usaha akan menolong Anda tahu berapakah banyak duit yang Anda bakal perlukan untuk mengawali, apa yang butuh untuk dikerjakan kapan, serta dimana Anda menuju.

c. Sediakan Modal
Modal adalah aspek utama dalam mengawali usaha sendiri. Beberapa orang mau mengawali usaha, tetapi tidak memiliki modal hingga tak jalan. Modal bisa dihasilkan dari : modal sendiri dari hasil menabung, mencari modal dari investor, atau meminjan duit dari bank, serta system partnership. Terkecuali modal awal, Anda harus juga mempunyai minimum tiga bln. dari biaya keluarga Anda dalam bank

Anda dapat juga mengawali usaha tanpa ada modal dengan jadi reseller (pengecer) dari satu product atau barang

d. Jadikanlah usaha Anda sebagai usaha yang Legal serta disadari hukum
Tetapkan susunan hukum untuk usaha Anda
Tentukan nama yang baik untuk usaha Anda
Daftarkan nama usaha Anda pada Ditjen HKI sebagai merk dagang resmi serta sah di mata hukum
Sediakan dokumen-dokumen organisasi
Uruslah surat-surat perijinan usaha, seperti Akta membuat perusahaan, Nama Perusahaan, Hak atas nama perusahaan, Pernyataan serta pengesahan

e. Perluas Networking Anda

Networking bisa jadi landasan untuk keberlangsungan usaha Anda. Anda bisa berhimpun dengan komune yang berkenaan dengan type usaha Anda. Hal semacam ini bisa Anda kerjakan saat sebelum Anda mengawali usaha sendiri, hingga ketika Anda mulai pasarkan product/layanan yang Anda menawarkan, Anda sudah mempunyai networking yang luas.

Ditulis Oleh : blog sederhana ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul tips dan trik membuka usaha sendiri yang ditulis oleh blogger indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blogger indonesia

Back to top