Mengenal alat yang ada dalam gitar

Mengenal alat yang ada dalam gitar - Di sini kita bakal cobalah mengetahui lebih dekat tentang alat apa sajakah sih yang melekat pada gitar hingga gitar bisa dimainkan. Juga sebagai misal di sini yang digunakan yaitu Gitar Elektrik merk Fender (bukanlah ngiklan lohh yaa… hehehe..).

# The Headstock
Pada gambar di bawah bisa dipandang sebagian peralatan pada posisi kepala gitar yang terbagi dalam :
Tuning Pegs, adalah pasak untuk menyetem senar gitar
String Tree, berperan juga sebagai penahan untuk senar E serta B, lantaran senar ini lebih panjang
Nut, juga sebagai pembatas senar pada headstock serta fret gitar

# Pickups
Pickups di sini memiliki manfaat juga sebagai penguat nada yang dihasilkan oleh senar gitar. Juga sebagai misal gitar Fender memiliki 3 pickups, semasing pickups itu memiliki ciri-ciri nada yang tidak sama juga. Umumnya pickups yang ada paling belakang memiliki kwalitas nada yang jernih agak nge-trebel, sedang yang paling depan menghasil nada yang agak nge-bass.

# Volume serta Tone Controls
Adalah pengontrol tingkat volume serta kwalitas nada pickups gitar.

# Bridge
Bridge, sesuai sama namanya jembatan berperan untuk menjembatani senar hingga dapat membuahkan getaran bunyi yang diinginkan. Pada gitar elektrik ini bridge dapat distel turun naik (mengatur ketinggian senar dengan basic fret) hingga bisa bikin nyaman pada saat menghimpit senar serta bridge ini terdiri lagi atas 2, yakni :
Tremolo, bridge dapat dimainkan dengan cara Up-Down untuk membuahkan nada vibrato
Non-Tremolo, Sebaliknya

artikel lain : macam-macam komponen efek gitar

Lebih kurang dengan cara umum serta standard tersebut alat atau perlengkapan yang melekat pada gitar terutama Elektrik Gitar sedang untuk Gitar Akustik lebih kurang sama yang tidak sama cuma dibagian Pickups (tak menggunakan pickups) serta bahan basic bridge saja.


Mohon ma'af bila kurang komplit yah... beritanya.. semoga berguna.. Berbarengan Gitar-Ku

Ditulis Oleh : blog sederhana ~ DosoGames

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Mengenal alat yang ada dalam gitar yang ditulis oleh blogger indonesia yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di blogger indonesia

Back to top